Microsoft Azure atau yang dulu dikenal dengan Windows Azure adalah sebuah layanan komputasi cloud terintegrasi melayani kebutuhan Infrastructure as a Service (IaaS) maupun Platform as a Service (PaaS) Anda. Jalankan Bahasa pemrograman, tools, framework, sampai software favorit Anda dengan nyaman di Azure. Nikmati kemudahan, fleksibilitas, serta sekuritas terbaik dari Microsoft. (Microsoft Azure Indonesia)

Untuk menggunakan Microsoft Azure, ikuti langkah-langkahnya dibawah ini :

  1. Buka website Microsoft Azure. Lalu klik portal pada bagian atas, biasanya Microsoft Azure akan otomatis Sign In menggunakan akun Microsoft. Apabila kamu belum memiliki akun microsoft, silahkan daftar terlebih dahulu disini.
  2. Akan muncul halaman utama/Dashboard portal Microsoft Azure.
    Screenshot (661)
  3. Klik New pada side menu, akan muncul beberapa jenis pilihan aplikasi apa yang akan kita buat. Dalam thread ini saya akan membuat sebuah web aplikasi. jadi saya akan memilih  Web + Mobile.
    Screenshot (645)
  4. Lalu pilih Web App
    Screenshot (648)
  5. Akan muncul form untuk membuat aplikasi baru. Tuliskan nama web aplikasi yang ingin kamu buat. Subscription biarkan saja pada defaultnya, DreamSpark. Untuk Resource group, klik dahulu tanda panah mengarah ke bawah, klik new dan tuliskan saja “Default” atau boleh saja kamu mengganti dengan kata lainnya.App service plan/location, sesuaikan dengan lokasimu, misalnya lokasi saya East Asia. Dan Klik Create.
    Screenshot (649)
  6. Tunggu beberapa saat untuk men-Deploy Web App hingga selesai.
    Screenshot (651)
  7. Jika Sudah selesai, maka akan tampil seperti ini.
    Screenshot (652)
  8. Sekarang coba tes membuka web app yang sudah kamu buat. dengan meng-klik link, misal skynite.azurewebsites.net. Maka akan tampil seperti ini. Itu menandakan bahwa web app yang kamu buat berhasil dibuat.
    Screenshot (653)Tidak sampai disitu saja, kamu bisa mengembangkannya jauh lebih keren lagi.Kamu bisa membuat website lalu menguploadnya ke web app azure kamu.
  9. Kembali ke Portal Microsoft Azure, masuk ke web app kamu, pada menu All Settings, pilih Deployment Credentials lalu buat akun FTP.
    Screenshot (654)
  10. Untuk mengupload website yang sudah kamu buat tadi, kamu butuh media perantara, yaitu FileZilla. Setelah di download dan diinstall, jalankan FileZilla. Isikan Host & Username sama seperti pada gambar, untuk password isi sesuai dengan password akun FTP yang kamu buat di Microsoft Azure. Kemudian klik Quickconnect.
    Screenshot (662) copy.png
  11. Pada local site, cari folder yang berisikan file website yang sudah kamu buat. Pada Remote site, buka folder site, lalu klik wwwroot. Tepat dibawah Local site, akan muncul apa saja yang ada dalam folder website yang sudah kamu buat, pilih seluruhnya dengan cara Ctrl + A. Klik kanan, lalu upload.
    Screenshot (656)Setelah proses upload selesai, akan muncul juga di sebelah kanannya. Setelah itu coba kamu cek, web app kamu kembali maka tampilannya akan berubah sesuai dengan website yang sudah kamu buat sendiri. Selamat Mencoba!
Advertisements