WSM atau What Surprised MITU, adalah aplikasi yang sama fungsi dan kegunaannya dengan Xposed.

Cara kerjanya:
Ada sebuah proses yang disebut Zygote. Inilah inti dari runtime Android. Setiap aplikasi akan berjalan di Zygote, proses ini mengendalikan system. Proses ini akan berjalan pada phone script / init.rc. Dan proses ini diaktifkan oleh /system/bin/app_process, yang akan menjalankan classes yang diperlukan dan memanggil metode inisilasisasi. (Bingung kan? Udah baca aja…)

Nah di posisi ini, Xposed akan memainkan peranannya. Jadi ketika kamu meng-install framework (menggunakan WSM Tools), advanced app_process akan di-copy ke /system/bin, dan mengganti yang asli. Advanced app_process menambahkan jar extra di class path. Contohnya, setelah aplikasi membuat VM, sebelum memulai Zygote yang utama. Di dalam metode ini, maka kita akan bertindak sebagai Zygote, sehingga dapat merubahnya.

Contoh fungsi WSM Tools:
Kita ingin menambahkan 3-4 way reboot ke firmware. Sebelumnya, kita harus me-decompile android.policy.jar, edit code nya, complie dan pasang di HP kita. Sekaran kita hanya perlu masuk WSM Tools tab, cari module yang sesuai, download, install, dan aktifkan. Lalu restart HP nya dan akan muncul 3-4 way reboot (dengan menekan tombol power – restart) – (miui.web.id)

Dan proses installnya juga hampir sama dengan xposed, berikut cara instalasinya :

  1. Pastikan hp kamu sudah dalam keadaan root.
  2. Download dan Install WSM Toolsnya.
  3. Jika ada masalalah pemasangan dicekal, maka hal yang kamu perhatikan adalah dibagian pengaturan. Setting – Additional Settings – Privacy. Aktifkan Mode Unknown Source. Gunanya untuk menginstall APK diluar Play Store.
  4. Jika sudah, kembali ke Installer WSM Tools, install seperti biasa.
  5. Jika sudah terinstall, buka aplikasi WSM Tools
  6. Pilih Install yang terdapat di bagian bawah. Hal ini tidak berjalan mudah pada MIUI 7 karena akan muncul pesan error tidak kompatibelnya Android SDK versi 19 (KitKat).
  7. Jika kamu melihat pesan error tersebut, keluar dari WSM Tools lalu masuk ke mode recovery (TWRP/CWM/PhilzTouch). Kemudian Flash WSM Xposed.zip, kemudian reboot sistem.
  8. Setelah reboot, buka kembali WSM Tools, maka kamu akan bisa menginstall Frameworknya.
  9. Setelah berhasil, maka akan muncul permintaan untuk reboot, lalu klik OK/Reboot.
  10. Jika sudah selesai reboot, kamu bisa mengaktifkan modul-modul xposed yang sudah kamu download.

Download :

WSM Tools | Google Drive |

WSM Xposed.zip | Google Drive |

Advertisements