Jika kamu sebelumnya sudah request unlock bootloader Xiaomi Redmi 3 dan menerima SMS persetujuan dari pihak Xiaomi yang isinya kurang lebih seperti ini “You’ve been granted the permission to unlock your devices…”. Maka Tahap selanjutnya adalah proses unlock bootloadernya. Menurut pengalaman, unlock bootloader itu susah-susah gampang. Karena ketika dalam proses unlock, kita dihadapkan pada beberapa masalah. Kamu bisa melakukan unlock bootloader pada ROM Global atau ROM Developer, baik itu MIUI Global Stable, Global Developer, China Stable, maupun China Developer, kecuali ROM dari distributor. Berikut cara unlock bootloader xiaomi redmi 3/pro.

  1. Pastikan driver ADB Xiaomi sudah terinstall. Jika belum, silahkan download terlebih dahulu.
  2. Jika adb driver sudah terinstall, maka cek apakah redmi 3/pro terbaca di laptop/PC ketika dalam mode fastboot. Install Minimal ADB and Fastboot dan jalankan Minimal ADB and Fastboot yang default letaknya ada di C:\Program files (x86)\Minimal ADB and Fastbot\ dengan cara klik kanan pada mouse + Shift pada keyboard, lalu pilih “Open command window here”.
    screenshot-370
  3. Lalu akan muncul window CMD Minimal ADB and Fastboot. Kemudian masukkan perintah “fastboot devices”. Jika tidak muncul apa-apa, maka silakan cek driver fastboot yang ada di Device Manager.
    Note : Jika redmi 3/pro kamu tidak terdeteksi dalam mode fastboot, maka kamu akan menemukan error dan gagal unlock bootloader. Ciri-cirinya adalah pada tahap Unlock, proses akan berhenti atau stuck di 50% (Couldn’t verify device).
    screenshot-371
  4. Buka Device Manager, cek list driver yang ada
  5. Jika kamu menemukan driver “Kedacom USB device”. Sebaiknya kamu mengganti/meng-update driver tersebut dengan cara: klik panah yang ada di sebelah kiri Kedacom USB device untuk menampilkan sub-driver: Kedacom USB Interface. Lalu Klik kanan pada Kedacom USB interface, dan pilih “Update Driver Software…”
    screenshot-374
  6. Akan muncul wizard update driver sofware, kemudian pilih “Browse my computer for driver software”.
    screenshot-375
  7. Kemudian kita pilih “Let me pick from a list of device drivers on my computer”.
    screenshot-376
  8. Maka akan muncul beberapa model driver yang cocok untuk hardware yang sedang digunakan. Sekarang kita ganti model drivernya dengan memilih model: Android Bootloader Interface Version 7.1.0.0. Jika di Laptop/PC kamu terdapat Versi 9, kamu juga bisa memilih model tersebut, asalkan bukan driver kedacom USB interface,  yang menggunakan model driver Android Bootloader Interace Version 11. Lalu klik Next.
    screenshot-377
  9. Tunggu hingga proses instalasi drivernya selesai. Jika sudah, maka akan muncul window seperti gambar berikut.
    screenshot-379
  10. Jika driver sudah terinstall, cek kembali device manager, dan pastikan driver yang terinstall adalah Android Phone > Android Bootloader Interface.
    screenshot-380
  11. Sekarang kembali ke CMD Minimal ADB and fastboot dan masukkan perintah “fastboot devices” kembali. Maka sekarang redmi 3/pro kamu sudah dikenali di Laptop/PC.
    screenshot-381
  12. Login menggunakan Mi Account di ponsel Redmi 3/pro. Ini wajib, ponsel harus dalam keadaan login ke akun Mi. Dan aktifkan fitur Find Device.
  13. Buka website mi cloud di browser desktop (i.mi.com/) dan login menggunakan Mi Account kamu. Tunggu hingga sistem mengirim kode verifikasi ke nomor hp yang kamu gunakan untuk login Mi Account, kemudian masukkan kode tsb. Dan jika sudah diverifikasi, akan terlihat tulisan “* connected” (* artinya jumlah device yang terkoneksi ke mi account). Klik Connected, lalu kamu akan lihat ada device Redmi 3 yang statusnya harus ONLINE.
  14. Download MiFlash Unlock Tool
  15. Ekstrak dan jalankan MiFlash Unlock Tool di Laptop/PC. Dan saat menjalankan MiFlash Unlock Tool, kamu harus terkoneksi ke internet.
    Note : Pastikan koneksi internet yang digunakan stabil, karena kestabilan koneksi internet juga salah satu penentu kesuksesan unlock bootloader.
  16. Setelah membuka MiFlash Unlock Tool, maka akan muncul beberapa peringatan dan konsekuensi yang kamu dapatkan jika melakukan unlock bootloader. Langsung saja pilih Agree.
    screenshot-363
  17. Kemudian, silakan login Mi Account yang kamu gunakan pada saat request unlock bootloader.
    Screenshot (382).png
  18. Setelah login, server akan mengecek apakah Mi Account kamu sudah memiliki izin untuk melakukan unlock bootloader. Jika sudah selesai maka akan tampil seperti gambar berikut.
    screenshot-365
  19. Pastikan driver ADB Xiaomi sudah terinstall. Jika belum, silahkan download terlebih dahulu.
  20. Setelah masuk mode fastboot, hubungkan redmi 3/pro ke Laptop/PC menggunakan kabel USB.
    img_20161031_201321_hht
  21. Setelah device sudah terhubung dan terdeteksi di laptop/pc dalam mode fastboot. Langkah selanjutnya adalah memulai proses unlock bootloader, akan tampil gambar sebagai berikut, dan klik Unlock.
    screenshot-366
  22. Dan proses unlocking pun berlangsung selama 1-2 menit. Akhirnya Redmi 3/Pro kamu berhasil unlock Bootloader. Dan kamu bisa Reboot Redmi 3/pro kamu kembali tanpa kehilangan data apapun. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa tekan tombol share yang ada di bawah, ya!
    screenshot-354

Note : Setelah mendapatkan izin untuk sebuah Mi account, pengguna bisa unlock device yang sudah diverifikasi sesegera mungkin. Satu Mi account hanya bisa unlock satu device selama 30 hari.

Credit : TeknikIT

Download :

Xiaomi ADB Driver | Google Drive |

MiFlash Unlock Tool | Direct Link | Google Drive |

Minimal ADB and Fastboot | Google Drive |

Advertisements