Selain flashing via recovery, kamu juga bisa flashing melalui fastboot mode.Lalu bagaimana jika tiba-tiba hh kamu tidak terbaca di laptop/PC? Tentu ini menjadi suatu hambatan kamu ketika ingin flashing device xiaomi kesayangan kamu. Masalah ini biasanya terjadi karena kesalahan pada driver yang terinstall di Laptop kamu. Drivernya memang sudah terinstall, tapi bukan driver yang semestinya terinstall. Yuk simak cara mengatasi device xiaomi yang tidak terbaca di laptop/PC ketika dalam mode Fastboot.

  1. Pastikan driver ADB Xiaomi sudah terinstall. Jika belum, silahkan download terlebih dahulu.
  2. Jika adb driver sudah terinstall, maka cek apakah redmi 3/pro terbaca di laptop/PC ketika dalam mode fastboot. Install Minimal ADB and Fastboot dan jalankan Minimal ADB and Fastboot yang default letaknya ada di C:\Program files (x86)\Minimal ADB and Fastbot\ dengan cara klik kanan pada mouse + Shift pada keyboard, lalu pilih “Open command window here”.
    screenshot-370
  3. Lalu akan muncul window CMD Minimal ADB and Fastboot. Kemudian masukkan perintah “fastboot devices”. Jika tidak muncul apa-apa, maka silakan cek driver fastboot yang ada di Device Manager.
    screenshot-371
  4. Buka Device Manager, cek list driver yang ada
  5. Jika kamu menemukan driver “Kedacom USB device”. Sebaiknya kamu mengganti/meng-update driver tersebut dengan cara: klik panah yang ada di sebelah kiri Kedacom USB device untuk menampilkan sub-driver: Kedacom USB Interface. Lalu Klik kanan pada Kedacom USB interface, dan pilih “Update Driver Software…”
    screenshot-374
  6. Akan muncul wizard update driver sofware, kemudian pilih “Browse my computer for driver software”.
    screenshot-375
  7. Kemudian kita pilih “Let me pick from a list of device drivers on my computer”.
    screenshot-376
  8. Maka akan muncul beberapa model driver yang cocok untuk hardware yang sedang digunakan. Sekarang kita ganti model drivernya dengan memilih model: Android Bootloader Interface Version 7.1.0.0. Jika di Laptop/PC kamu terdapat Versi 9, kamu juga bisa memilih model tersebut, asalkan bukan driver kedacom USB interface,  yang menggunakan model driver Android Bootloader Interace Version 11. Lalu klik Next.
    screenshot-377
  9. Tunggu hingga proses instalasi drivernya selesai. Jika sudah, maka akan muncul window seperti gambar berikut.
    screenshot-379
  10. Jika driver sudah terinstall, cek kembali device manager, dan pastikan driver yang terinstall adalah Android Phone > Android Bootloader Interface.
    screenshot-380
  11. Sekarang kembali ke CMD Minimal ADB and fastboot dan masukkan perintah “fastboot devices” kembali. Maka sekarang redmi 3/pro kamu sudah dikenali di Laptop/PC.
    screenshot-381

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, maka device xiaomi kamu sudah terbaca di laptop.PC kamu. Dan kamu bisa melanjutkan aktivitas yang berhubungan dengan fastboot mode ini. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa tekan tombol share yang ada di bawah, ya!

Download :

Xiaomi ADB Driver | Google Drive |

Minimal ADB and Fastboot | Google Drive |

Advertisements